DUNIA TANPA BATAS

Pendakian Gunung Gede

by genx | 21.42 in |

Hari-hari terakhir ini benar-benar membuatku ga bisa tidur nyenyak, entah apa yang ada dalam otaku ini,...untuk membuat fresh otaku saya berencana mendaki gunung dan gunung Gede lah pilihanku.

Puncak Gunung Gede

Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mencoba mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Puncak-puncaknya dapat terlihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet.

Di Puncak Gunung Gede terdapat kawah aktif (terakhir meletus pada 1957) serta padang rumput yang ditumbuhi bunga abadi (Edelweis/Anapahlis javanica) yang disebut lembah Suryakencana, yang merupakan daya tarik bagi pendaki.

Saya dan adik saya berangkat dari jakarta jam 8 malam naik Bus dari kampung rambutan jurusan Banjar....saya turun di Cimacan jam 1 pagi, karena sejak pulang kerja lm makan maka saya makan dulu sambil nungguin sepupu saya yg ada di cibodas ngurus administrasinya,...setelah sepupuku dateng berangkatlah menuju jalur pendakian Gunung Putri sampe pos Gunung putri jam 2 pagi trus bangunin yg jaga pos setelah registrasi ulang kelar kamipun mulai berangkat keatas (kita berangkat sekitar jam 2:30 WIB pagi ini ya..ya iyalah kl siang jm 14:30 Om hehehe...)

Track gunung putri ternyata cukup extrem karena lurus langsung keatas dan jalan terjal yg bisa membuat kaki bener2 lemes.....jam 5:00 WIB kami istirahat masak air bikin teh jahe untuk menghangatkan tubuh, sambil nungguin tehnya mateng kami sholat subuh dulu ....teh jahe mateng kamipun minum rame2,....srupuut....sueger tenan badan jadi hangat,..setelah abis kamipun mulai jalan lagi,....sayup-sayup mulai terdengar kicauan burung dan jam telah menunjukan pukul 6 lewat, sorot matahari sudah mulai masuk kecelah-celah hutan dan track yg sebenarnya sudah mulai kelihatan jelas,...ya ampun ternyata tracknya gila tanjakan terjal yg batunya segede gajah (anaknya tapi hehehe....)

Kami sampe lembah Surya Kencana jm 7:30 di lembah ini terhampar Padang rumput luas yang ditumbuhi bunga abadi (Edelweis/Anapahlis javanica), disini kami beristirahat sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Gede, kami istirahat sekitar 2 jam untuk tidur dan masak Indomie

Edelweis : Bunga langka pesona Gunung Gede

Lembah Surya Kencana

Setelah terasa cukup istirahatnya kamipun mulai pendakian kembali, track dari lembah suryakencana menuju puncak cukup lumayan,...tepat jam 11:30 kami sampe puncak Gunung Gede

Track dari suryakencana ke puncak

Dari puncak Gunung Gede dapat disaksikan kota-kota terdekat, yakni Cipanas di sebelah utara, Sukabumi di selatan, Bogor di barat laut, dan Cianjur di sebelah timur.

Puncak Gunung Gede

Dan kamipun turun lewat track Cibodas,..........sampe ketemu di gunung berikutnya........