DUNIA TANPA BATAS


Gunung Bromo merupakan gunung berapi di Jawa Timur yang masih aktif dan merupakan Tempat wisata paling terkenal yang layak anda kunjungi. Mungkin merupakan ide gila jika ke gunung sendirian tp itulah yang terjadi. Saya berangkat dari jakarta jam 18:00 naik kereta menuju Surabaya berhenti di stasiun Pasar Turi jam 07:00, sarapan buat ngisi perut di depan stasiun dari stasiun naik bus kota menuju Terminal Bungur Asih dari bungur asih naik bus jurusan surabaya banyuwangi turun di terminal lama pasuruan, dari pasuruan naik angkutan desa menuju Paserpan kl org pasuruan sebutnya Taksi tp jgn salah ini bukan layaknya taksi seperti yg dikota kota lebih tepatnya omprengan, turun di paserpan sejenak jadi Artis jd rebutan tukang ojek yg mo minta tanda tngan eh salah ding tukang ojek nawarin jasa akhirnya dptlah tukang ojek gaul,.... naik ojek dari paserpan ke penanjakan yg jalanya berkelok2 layaknya Rosi lg berlaga dilintasan balap, semakin atas udara semakin dingin yg sebelumnya di pasuruan panasnya minta ampun tp menjelang keatas penanjakan udara sudah mulai dingin sekali dan akhirnya sampailah di puncak Penanjakan (mount penanjakan : 2750 mtr diatas permukaan laut)di atas sepi krn siang sekitar jm 13:00, perjalanan dari pasuruan sampai penanjakan dibutuhkan wkt sekitar 2 jam, sebenarnya ada penyewaan Jeep tp karena saya sendiri jd lumayan mahal, sewa jeep sekitar Rp. 300.000, kl rombongan mungkin lebih enak naik jeep tp itu dari Wonokitri karena saya ambil rutenya Pasuruan – Warung dowo - Paserpan - Tosari - Wonokitri – Bromo dengan jarak sekitar 71 km, Pemandangan yang paling ditunggu dari Gunung bromo adalah sightview ketika matahari terbit karena memang akan kelihatan jelas sekali dan sangat indah, jadi sayang sekali bila ke bromo ga menyempatan untuk melihat Sunrise makanya aku putuskan nginep di atas tp persoalanya di atas ga ada hotel maka aku cari petugas pengawas gunung bromo begitu ketemu aku minta ijin untuk ikutan nginep di kantornya dan untung diijinkan nginep, saya nginep dikantor pengawasan gunung bromo yg terletak di bawah penanjakan di tengah hutan jalan menuju gedung hanya jalan setapak tanah pula, kami hanya berdua digedung itu bapak pengawas dan saya, kami bangun jam ½ 4 pagi setelah bikin indomie dan susu akhirnya saya diantar ke penanjakan sampai puncak sekitar jam 4 pagi, ternyata sudah dipenuhi org cm rata2 wisatawan mancanegara, tp ya ampun dinginya ga ketulungan padahal aku pk jaket dobel msh pk sarung tangan, untuk org2 yg biasa tinggal di kota khusunya jakarta yg panasnya ga ketulungan pasti kedinginan tp jgn kawatir karena diatas ada penyewaan jaket tebal. Tp begitu pemandangan mulai nampak gunung bromo and the geng yang sangat indah itu rasa dingin jd ga terasa karena terhipnotis keindahan gunung bromo di pagi hari. Setelah capek jeprat jepret sampai jm ½ 7 akhirnya istirahat di kios sambil makan Indomie ma bikin susu sambil nungguin tukang ojek yg dah tak kontrak 2 hari hehehe...... Selain sunrise msh ada pemandangan indah yaitu Sea of the sand yg luasnya 5.250 hektar ato Segoro wedi kl org sana bilang, padang pasir dan padang rumput yg sangat luas tepat di bawah Gunung Bromo, biasa org2 ke situ pk jeep dan disambung naik kuda ato jalan kaki, tp karena saya udah ada teken kontrak sama tukang ojeku yg gaul akhirnya di anter juga sampai di bawah tangga yg mo naik ke puncak bromonya, pengalaman paling menegangkan naik ojek di lautan pasir sampai zik zak motornya karena banya terendam pasir udah gt ngikutin tracknya kuda lg, setelah nglewatin laut pasir kita bisa melihat kawah gunung bromo dengan menaiki tangga sebanyak 250 anak tangga menuju puncaknya, tp kl pingin lebih gila lagi terusin ke puncak Mahameru yaitu puncak Gunung Semeru di mana tempat meninggalnya tokoh yg sempat dibikin filmnya ”Gie”, tp jgn sendirian mesti rombongan kl itu.,....
Ada beberapa rute menuju Bromo :
* Pasuruan – Warung dowo – Paserpan – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo jarak 71 km
* Malang – Tumpang-Gubuk klakah-Jemplang-Gunung Bromo 53 KM
* Malang –Purwodadi-Nongkojajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan 83 km
sampai ketemu di edisi berikutnya.......

DEMI MASA

by genx | 20.24 in | komentar (5)


Kebenaran tidak pernah memihak bahkan kejujuranpun jg tidak pernah memihak
aku tidak memilih apapun, aku lahir dan begini adanya
mungkin banyak yg tidak puas dengan masa lalu,
tetapi kita harus berusaha untuk meraihnya dimasadepan
karena tidak ada hari ini dan esuk lusa tanpa masa lalu,

masa lalu adalah pembelajaran dan masa depan adalah tujuan,
bagian hidupmu yang lalu tak dapat tergantikan
dan yang engkau petik darinya tak ternilai harganya,
nikmat tertinggi adalah waktu. Engkau tak bisa mengulang masa lalu
ataupun kebaikan yang sudah engkau capai sekarang.

Yang penting adalah sekarang maka tak usah menyesali masa lalu
ataupun merasa dihantui ilusi bahwa prestasimu adalah sedikit.
karena kita ini tinggal di dunia yang sinis.
Sedih karena kehilangan kesempatan berbuat ketaatan,

tetapi memang tanpa kemauan, termasuk tanda bahwa diri terpedaya,
diri akan slalu mencoba melindungi dan membenarkan dirinya,
dengan berbagai macam logika dan alasan ketimbang mengakui kesalahan dan memperbaikinya,
penyesalan dan duka cita bisa membangkitkan diri yang ikhlas untuk bertobat
dan memperbaiki kesalahanya dimasa lalu.

Jika diri tidak mempedulikan dan tidak bertindak atas sesalan ini.
Kesalahan-kesalahan itu akan menjadi kebiasaaan dan norma baginya.
Air mata penyesalan hanya akan berguna
kalau engkau meninggalkan hal yang membuatmu meneteskanya.
maka kemasi bantal dan gulingmu lalu keluarlah dan lihatlah dunia

R E S A H

by genx | 02.24 in | komentar (0)

resah jiwaku dikala malam tiba

terantuk diriku dipelukan malam nan sunyi

teringat bayang hitam bersemayam di langit langit malam

tak terasa sang timur hampir keluar dari sarangnya

namun mata ini tak mampu terpejam



(gludak kepala bentur tembok)

jam 03:00 15 april 2008

00:00 WIB

by genx | 23.42 in , | komentar (5)

Malam selasa jam menunjukkan pukul 00:00 WIB
berarti telah masuk tgl 15 april 2008
pada detik pertama ke plototi jarum jam yang ada didinding kamar kontrakanku yang sempit dan pengap

ku bolak balik hpku apa ada yg salah dengan hpku kok ga bunyi-bunyi
ku coba pejamkan mataku tp susah tuk terpejam malah semakin nanar
kembali ku lirik jam dinding murahan yg telah kusam dimkn wkt
Jarum menitanya tlah jauh meninggalkan angka 1

berarti tlah lewat jam 12 malam mataku tetap bersinar
ku termenung duduk bersandarkan tembok yg lembab karna abis hujan
kupandangi badanku yg lusuh dan semakin kurus apa yg terjadi pada diriku,…
tp entahlah…?????????????????? (kebanyakan tanda tanya nih)



15 april 2008 jm 00:00
malam selasa pon (untung bukan kliwon)
Disudut kontrakan

Lorong Jiwa

by genx | 22.40 in | komentar (1)

Hati adalah jiwa
Jika hati adalah jiwa katakan hatimu adalah jiwamu

Hati adalah jiwa
Jika hati adalah jiwa maka katakan jiwamu msh punya hati

Hati adalah jiwa
Jika hati adalah jiwa jangan mengumbar jiwamu yang tanpa hati

Hati adalah jiwa
Jika hati adalah jiwa kenapa kau hancurkan jiwa seseorang yang punya hati

Masihkah Jiwamu punya hati



14 April 2008
Tatkala jiwa tanpa hati

ASAL NJEPLAK

by genx | 20.15 in | komentar (3)

Jika suatu hari kamu merasa ingin menangis, hubungi aku
Aku ga janji bisa membuatmu tertawa, tp aku bisa menangis bersamamu

Jika suatu hari kamu ingin lari, jangan takut tuk menghubungi aku
Tapi aku ga janji tuk menanyakan kamu mau berhenti ato tdk, tapi aku bisa lari bersamamu

Jika suatu hari kamu ga mau dengar siapapun, hubungi aku
Aku janji tuk bersamamu dan aku janji untuk diam bersamamu

Karena aku ga tahu siapa diriku

Tapi jika suatu hari km menghubungiku dan tidak ada jawaban
Cepat datang tuk melihatku, mungkin aku membutuhkanmu

Karena ketika aku mempunyai masalah yg belum terpecahkan
Tidak ada yang lebih aku inginkan kecuali kau ada disisiku (mimpi kaleeeee......)


06 April 2008
Nongkrong Diempang liatin orang mancing


Jakarta hari ini ga hujan, langit cerah tidak seperti hari-hari kemarin yang selalu diguyur hujan. Kebetulan hari ini libur jadi bisa jalan2 keliling jakarta tp ah males mendingan ke Gramed (Toko Buku Gramedia) yang ada di Bintaro Plaza kebetulan dah direnovasi sekarang tempatnya lebih nyaman lebih luas dan koleksi bukunya lumayan lengkap. Jam 14:00 abis sholat lohor aku berangkat ke Bintaro, jalanan lenggang sekali jadi cepet sampai cm 15 menit dari rumah. Tapi ya ampun ramai sekali toko buku itu penuh seperti pasar malam, aku masuk langsung ke lantai atas karena koleksi bukunya ada di lantai atas yg bawah hanya peralatan tulis dan kantor, pas naik tangga di dindingnya banyak pajangan buku best seller dan pandanganku tertuju pada sebuah buku yg lagi heboh saat ini Novel yg sangat terkenal yg jadi bahan perbincangan di koran, di tv maupun dimilis-milis internet bahkan seorang Wakil presiden dan mantan presidenpun ikut-ikutan latah nonton filmnya (biasa tipikal orang indonesia yg suka latah tp aku ga lho) bahkan Beliau berkomentar katanya sampai nangis liat filmnya ga tahu nangisnya kenapa mungkin saking banyaknya yg ngantri ikut nonton kali jadi sampai nangis hehehe...(karena aku lom liat filmnya). Sampai lantai atas muter-muter cari buku yang enak dibaca. Sebenarnya dah niat mo cari Novelnya Mas Andrea Hirata ”Maryamah Karpov” tp sayang ternyata lom keluar juga. Bingung juga banyak buku bagus, saya liat ada bukunya Cak Nun di ujung deket kasir aku liat ada yg udah terbuka jadi bisa baca dengan gratis lumayan kan ga perlu ngluarin duit hehehe......kemudian aku teruskan keliling sambil liat2 buku yang bisa dibaca-baca,....dan kutemukan di ujung sebuah buku berjudul ”Doctor Kecil yang hafal & paham, Al-quran” dan di atasnya ada sebuah TV flat yang sudah dihidupin dan ternyata berisi VCD tentang seminar tanya jawab antara Bocah kecil dan ribuan Ulama di Mekah Almukaromah,....setelah saya amat-amati ternyata bocah kecil itu dicerca pertanyaan bertubi-tubi dan dengan santainya dia menjawab semua pertanyaan dengan sangat lancarnya,..Subhanallah,...malu rasanya diri ini yang sudah separo umur tp baca Al-quran msh terbata-bata sementara ada anak kecil berumur 7 thn hafal dan paham Al-quran berikut tafsir-tafsirnya,....Ya Allah hambamu ini benar-benar tidak berguna tak terasa airmataku mengalir dan aku sangat kaget ternyata kanan kiriku byk yg nonton juga,..aku kucek aja mataku pura-pura kelilipan trus aku duduk sila dilantai sambil baca bukunya setelah selesai aku ambil satu,...Oh ya aku inget Novel yang dipajang didinding tangga tadi aku cari-cari tempatnya oh itu dia aku ambil dan liat sebentar trus langsung tak bawa kekasir jadi beli dua buku trus pulang.
Sampai rumah kubaca Novel yg lagi Heboh ini, kubaca dari halaman pertama dan seterusnya sampai sekian halaman,...dan,...Subhanallah,....Novel ini memang benar-benar dahsyat isinya sampai membuat hatiku bergetar hebat setiap kata yang aku baca benar-benar sangat bermakna novel yg penuh dengan untaian Do’a dan nasehat yang sangat berarti yang sangat menggugah jiwaku tuk berintropeksi seperti apa yg tlah kulakukan selama ini pd Tuhanku rasanya aku menjadi manusia yg sangat tidak adil kepada sang Pencipta alam semesta ini, dan akhirnya aku semakin penasaran tuk membacanya sampai habis dan terus membacanya berulang-ulang sampai aku benar-benar punya rasa malu pada Tuhanku...................Novel yg heboh itu adalah Ayat-ayat Cinta


Dan ini sedikit pusi saya ambil dari Novel Ayat ayat Cinta Karangan Habiburrahman Saerozi

Bidadariku,
Namamu tak terukir
Dalam catatan harianku
Asal usulmu tak hadir
Dalam diskusi kehidupanku
Wajah wujudmu tak terlukis
Dalam sketsa mimpi-mimpiku
Indah suaramu tak terekam
Dalam pita batinku
Namun kau hidup mengaliri
Pori-pori cinta dan semangatku
Sebab
Kau adalah hadiah agung
Dari Tuhan
Untukku
Bidadariku


aku adalah lumpur hitam
yang mendebu
menempel di sepatu dan sandal
hinggap di atas aspal
terguyur hujan
terpelanting
masuk comberan
siapa sudi memandang
atau mengulurkan tangan?
tanpa uluran tangan Tuhan
aku adalah lumpur hitam
yang malang


Ini puisi dari Novel ayat ayat cinta

Jika anda ingin menyumbang pembangunan Pesantren belilah Novel ini karena keuntungan dari Novel ayat ayat cinta ini akan digunakan oleh Sang Pengarangnya untk membangun Pesantren yang akan didirikannya


Saat kutulis ini hari jumat tgl 28 Maret 2008 jam menunjukan jam 11:07 dan sebentar lagi Sholat jumat, kusiapkan semuanya tuk menemui Kekasih tercinta yg telah membuatku bisa bernapas dan menikmati indahnya Dunia ini Kekasih sebenar-benarnya kekasih... Allah Azawajala

My small City

by genx | 23.44 in | komentar (3)

Wonogiri is district Country which is. I was born Wonogiri a small city is beautiful one the location is central java south east of Solo city, it's about 1 hour from Solo city. The meaning of Wonogiri from words of Wono is Jungle and Giri is Mountain, so Wonogiri is kind of a small city which is surrounded by thousand mountains which is an interested in seeing there is a dam called Waduk Gajah Mungkur it's good place for the tourism also the best view in that city a specially Wonogiri it self in this dam there is a competition Gantole (a flying kite ), Jet ski, don't miss it every year the end the year also he held, Marathon National Championship which is followed by the Attlets nationals and can not be left behind from other countries. If you want see more about Wonogiri come and join us



Maret, 20 2008
Pulang kampung kangen Emak

Edensor

by genx | 00.12 in | komentar (3)



Siang ini pingin makan siang diluar

Liat jam dibelekangku dah jam 12:20 ah iseng makan diluar mo ganti menu biar ga bosen makan dikantin dalem terus,..trus ambil jaket ma kunci motor akhirnya ijin ma satpam didepan
“Pak mo keluar kantor mo makan” kataku sambil nenteng helm ma jaket
“Oh iya mas, mo mkn diluar ya wah ketahuan deh kl tanggal muda” kata pak satpam kantor
“hehehe tahu aja pak,…ga kok cm lg pingin mkn soup iga yg disono tuh” kataku sambil mringis persis kaya kuda pacuan.

Trus keparkiran ambil motor dan langsung tancap gas,….ngeeng…ngeeengg motor tak kebut abis,..sampe taman suropati gerimis tp aku bablas aja abis tanggung perut dah keroncongan. Pas sampe depan Rumah dinasnya Bu Megawati yg dimenteng aku berhenti disitu ada soto betawi enak banget akhirnya makan deh disitu.
Suasana warung makannya sederhana tp makananya ueenak banget,….siang itu penuh banget pd mkn siang semua orang2 jakarta.
“Bu soto campur ya satu ma es teh manis” sambil rebahin pantatku dikursi yg mengkilat krn dah ribuan pantat nyasar disitu jd keliatan licin deh kursinya kaya digosokin tiap hari.
Sambil nungguin pesenan dateng biasa sambil ngalamun eh inget kl dikwitang byk toko buku dan deket lg ama tempat mkn ini.
“Misi Mas” kata pelayanya yg membuat kabur lamunanku
“Eh dah jadi ya” kataku sedikit kaget
Akhir aku santap aja tuh soto dgn membabi buta krn dah kelaparan dalam sekejap dah bersih deh piring ma mangkoknya,…..Ah kenyang sambil ngelus perut kekenyangen eh tp es tehnya lom tak minum yo wis langsung tak sedot aja tuh es teh manisnya padahal aku lg batuk nih tp peduli setan yg penting kenyang dan PUAAAASSSS!!!!.
Setelah kelar mkn dan ngadem sebentar akhir tak bayar dan langsung deh kabur ketoko buku GUNUNG AGUNG yg ada dikwitang deket SENEN.
Krn gerimis aku parkirnya didepan aja dipinggir jalan kebetulan ada tukang parkir liar setengah resmi hehehe abis pk nomer jg walau tulisan tangan.
Didalam toko bingung jg abis ga begitu rame jd diperhatiin ma pelayanan mungkin krn tampangku yg ndoweh plus kumel kali ya hehehe,…
Setelah tengak tengok kesana kemari kaya detektif mataku tertuju sama tumpukan buku deket kasir tertulis BEST SELLER ternyata disitu ada buku yg aku cari ada tiga tumpukan yg pertama Laskar Pelangi yg kedua Sang pemimpi yg ketiga Edensor sebenarnya ada yg ke empat tp lom keluar, biar dikira kl aku penggemar buku aku tanya aja ama mbak kasirnya
“Mbak,... Maryamah Karpov lom keluar mbak ya” kataku pede pdhl aku dah tau kl buku itu lom keluar hehehe…..
“Belum mas, suka baca bukunya mas Andrea ya mas” kata mbaknya
“Wah iya mbak abis enak banget bahasanya” jawabku dengan lagak kaya kutu buku aja pdhl beli jg sok-sokan aja hehehe….
Mbaknya senyum sambil nglirik aku mungkin dia sambil berkata dalam hati “keliatan wong kepalanya botak” hjehehehehe………..
yo wis perut dah kenyang buku dah dpt akhir cabut ke kantor lagi,...dan ngeeeeng....ngeeeng sampai kantor lagi dengan rutinitas yg setumpuk lagi


Menteng 06 Maret 2008 Nyuri jam makan siang kantor

Malem sekitar jam 20:30 WIB kulihat iklan Text bejalan di sebuah Stasiun Televisi Pemerintah tertulis telah meninggal penyanyi rock era 70-an Gito Rollis, dadaku langsung sesak Inalillahiwainaillahirojiun,…tak terasa air mataku menetes dipipiku yg kering, kemudian aku sibuk pindah-pindah channel TV tuk cari liputan berita tentang kematian sang Juru Dakwah Idolaku tp dari sekian banyak stasiun Tv di jakarta tak satupun yg menyiarkan tentang kematian sang Idola,…..kuberpikir kenapa,…tidak pentingkah seorang Gito Rollis yg dulu sewaktu masih muda selalu bergelimang Dosa dengan segala tingkah yg membuat orang tua menjadi was-was apabila anaknya akan meniru sang idolanya yg selalu menimang botol minuman keras dengan segala tingkah keburukan yg dia lakukan,….tp tidakkah mereka melihat Bang Gito Rollis sekarang adalah seorang juru dakwah yg tidak ada tandinganya walau Beliau sakit tetapi tidak pernah putus asa tuk menyampaikan dakwah hingga akhir hayatnya,….InsyaAllah bang Gito mati dalam keadaan Qusnulqotimah insyaAllah,…..Semoga amal kebaikan beliau di terima disisiNya dan di Muliakan ditempat yg paling Tinggi,…. Amien amien ya Robalalamin,……….

Seandainya Allah mengijinkan aku mati,...aku ingin mati seperti Bang Gito,………………………
Ulujami 28 Pebruari 2008 Di depan sebuah pesawat televisi dirumah kontrakan

Ini adalah tips mengintip pacar, selingkuhan, pacar gelap atau siapapun yg lagi ngumpet alias invisible,......bagi yg punya pacar jauh dari tempatmu duduk silahkan intip pake alamat ini smoga pacarmu ato selingkuhanmu ketahuan sepeti kata Mata Band hehehe,..... ini dia alamatnya :

"Scan Invisible"
"Xeeber"

dua aja dulu ya,..gampang kok,...kamu2 tinggal memasukan ID ym yg mo diintip trus enter deh,....Hayoo Ketahuan kan,....... Selamat Mencoba smoga bermanfaat

Sang pemimpi

by genx | 01.21 in | komentar (0)

Trilogi, atau tetralogi tampaknya menjadi suatu obsesi yang ingin diwujudkan oleh banyak penulis untuk menjadi salah satu karya besarnya. Demikian juga dengan Andrea Hirata. "Laskar Pelangi" yang terbit September 2005 lalu ternyata adalah bagian pertama dari tetralogi "Laskar Pelangi". Karya seni pribadi yang dipersembahkan oleh Andrea Hirata untuk Belitong, pulau kecil kelahirannya nun di serambi Laut Cina Selatan.

"Sang Pemimpi", buku kedua dari tetralogi tersebut, telah diterbitkan bulan Juli 2006 ini. Masih oleh penerbit yang sama, Bentang. Tercetak dalam 292 halaman, hanya separuh tebalnya dari buku pertama.

Masa Remaja Ikal

Jika "Laskar Pelangi" terutama mengisahkan masa-masa kecil Ikal sejak hari pertama ia didaftarkan sekolah di SD Muhammadiyah, hingga ia lulus SMP. Maka "Sang Pemimpi" ini mengambil waktu sebagian besar pada masa Ikal bersekolah di SMA.

SMA Negeri satu2nya di Belitong, terletak di sebuah kota pelabuhan bernama Magai, 30 kilometer dari kampung Ikal. Mau tak mau Ikal harus merantau ke Magai. Bersama saudara sepupu jauhnya yang seumuran, Arai, dan seorang teman lain yang senasib bernama Jimbron, mereka bersekolah di tempat yang sama dan tinggal bersama di sebuah los kontrakan.

Untuk bisa tetap makan, mereka harus bekerja serabutan sepulang sekolah. Pekerjaan rutin yang sering mereka lakukan setiap hari adalah menjadi 'kuli ngambat'. Dengan modal sebilah bambu, dimulai pada pukul dua hingga pukul lima pagi, mereka mengangkut ikan dari perahu2 para nelayan ke pasar ikan. Setelah itu mereka harus buru2 pergi ke sekolah dengan tubuh yang masih berbau ikan pari.

Arai adalah anak yang cerdas, kreatif dan kadang liar, penuh dengan ide-ide nakal layaknya remaja. Jimbron meskipun gagap dan tidak terlalu cerdas, tetapi ia adalah anak yang ulet dan setia kawan.

Bertiga, mereka adalah para pemimpi. Karena masih punya mimpi lah mereka masih tetap bersemangat menjalani hidupnya yang berat. Baik itu mimpi tentang pencapaian masa depan, ataupun mimpi tentang lawan jenis. Selama masih bisa bermimpi, selama itulah masih ada harapan yang perlu diperjuangkan.

Seniman Kata-kata

Cerita tentang kebandelan dan keisengan mereka dituturkan dengan cukup kocak. Dijamin pembaca akan tersenyum-senyum kecil dan kemudian tertawa lepas pada bab-bab tertentu. Aku terpingkal-pingkal sendirian pada bagian ketika Mei mei berteriak "Dlakulaaaaaaa!!", atau ketika mereka bertiga dihukum menjadi tontonan di lapangan sekolah oleh Pak Mustar.

Sementara kisah yang mengharukan dituturkan pula dengan cara yang sangat menyentuh. Kisah masa kecil Arai dan Jimbron. Kisah tentang baju safari ayah Ikal. Kisah saat Ikal tidak sanggup bermimpi lagi. Juga kisah saat Jimbron dengan polos berucap, "Aku hanya ingin membuatnya tersenyum".

Andrea Hirata berhasil membuat pembaca larut dengan tokoh2 yang ada di buku ini. Pembaca akan melebur dalam emosi setiap tokoh. Ikut tertawa saat mereka bertingkah konyol, ikut berempati dengan kegetiran hidup mereka, dan berkaca-kaca dalam kejadian2 yang mengharukan.

Pada beberapa bagian, Andrea membuat deskripsi adegan yang sangat detil bahkan berkesan filmis. Saat mereka bertiga berlarian di pasar dikejar-kejar oleh Pak Mustar. Saat Arai dan Ikal berebut uang tabungan mereka di toko A Siong. Saat Ikal mengejar sepeda ayahnya. Juga saat Jimbron akhirnya mengalami sendiri apa yang selama ini diimpikan. Detilnya penggambaran adegan itu membuat kejadian tersebut terasa bagai dimainkan secara slow motion.

Ditambah lagi dengan paragraf2 yang berisi kalimat2 puitis untuk menggambarkan situasi yang tersebar disana-sini, melengkapi pertunjukan kemampuan Andrea Hirata sebagai penulis. Tulisannya bisa kocak sekonyol-konyolnya, bisa menyentuh mengharukan, bisa ilmiah hingga mendetil, bisa juga indah dan romantis. Pantaslah jika salah satu endorsement dalam novel ini menyatakan, "Andrea adalah seorang seniman kata-kata".

Membagi Tetralogi Berdasarkan Tokoh Teman

Sebagaimana Laskar Pelangi, buku ini juga ditulis dalam bentuk memoar. Potongan2 kisah keseharian Ikal, Arai, dan Jimbron dituturkan dalam bab-bab yang tidak terlalu panjang.

Siapa itu Arai, dan siapa itu Jimbron diungkap pelan-pelan lewat bab demi bab. Arai dan Jimbron sama sekali belum dimunculkan dalam buku pertama Laskar Pelangi. Mereka adalah tokoh baru dengan kisah baru. Dan sepuluh orang anggota Laskar Pelangi yang menjadi tokoh di buku pertama, sama sekali tidak disentuh lagi di buku ini kecuali dalam satu-dua kalimat. Sebaliknya Arai dan Jimbron juga tidak pernah disebut dalam buku pertama, padahal Ikal juga telah mengenal mereka sejak SD, masa2 ia berteman akrab dengan Laskar Pelangi.

Jadi tampaknya pembagian kepingan tetralogi ini bukanlah berdasarkan pembagian masa, tapi berdasarkan kelompok teman yang mewarnai kehidupan Ikal. Laskar Pelangi berkisah tentang kelompok Laskar Pelangi dari kecil hingga dewasa, dan Sang Pemimpi berkisah tentang kelompok Para Pemimpi juga dari kecil hingga dewasa.

Sempat aku bertanya-tanya, kenapa kisah saat Ikal kuliah dilompati begitu saja. Tiba-tiba saja lima tahuh kemudian ia lulus. Namun ternyata itu bisa dijawab oleh teoriku tentang pembagian tetralogi ini. Karena pada masa kuliah itu, tokoh2 yang menjadi teman Ikal bukan lagi Arai dan Jimbron, para pemimpi. Kita lihat saja apakah nanti buku ketiganya "Edensor" akan berkisah tentang teman2 kuliah Ikal?

Tapi kemudian muncul lagi pertanyaan iseng lain. Arai dan Jimbron dulu SD nya dimana ya? Apakah Laskar Pelangi dan Para Pemimpi ini tidak saling mengenal? Begitu strict-nyakah pembagian tetralogi ini sampai2 tokoh di Laskar Pelangi tidak boleh muncul di Sang Pemimpi, begitu juga sebaliknya?

Membumi dan Tidak Narsis ;)

Terus terang, dalam reviewku terdahulu atas buku pertama Laskar Pelangi tidak terlalu banyak bintang yang rela aku cantumkan. Terutama karena banyak hal yang terasa hiperbolis dan tidak logis (halah, ber-rima :P) untuk cerita tentang sekelompok anak SD.

Dan di buku kedua ini, Andrea cukup berhasil menampilkan kisah2nya secara menawan. Tidak ada lagi yang hiperbolis dan tidak logis. Semua kisahnya membumi. Tulisan beraroma ilmiah tidak lagi dihambur2kan di semua tempat, tapi ia tempatkan hanya pada bagian yang sesuai. Ia sukses menekan ego-nya untuk tidak meluapkan segala hal yang diketahuinya dalam buku ini. Sebagaimana ia tulis dalam Ucapan Terima Kasih-nya, "... membebaskan diriku dari keakuan, agar aku tidak menjadi narsis.." :)

Tapi ada satu kalimat yang membuat aku bertanya-tanya. Di halaman 191, saat Arai ingin belajar menaklukkan wanita pada Bang Zaitun, ada sebuah tulisan yang tampaknya berisi curahan hati penulis: "Di mana-mana, kelompok profesi yang paling ramah adalah musisi, yang paling bebal adalah politisi, dan yang paling menyebalkan adalah penerbit buku". Nah lo! ada pengalaman apakah antara Andrea Hirata dengan penerbit buku? ;)

Mari Bermimpi

Sesuai dengan judulnya, buku ini berkisah tentang sekelompok anak-anak yang berani bermimpi dan bertekad menggapainya. Kehidupan yang berat dan sangat membatasi langkah mereka tidak membuat mereka kehilangan semangat. Mimpi itulah yang selalu meniupkan bara optimisme untuk terus berharap dan berbuat.

Ada satu waktu, ketika Ikal kehilangan harapan. Saat ia menjadi pragmatis bahwa masa depannya hanyalah akan seperti orang2 dewasa yang ada disekelilingnya. Saat itulah ia kehilangan mimpinya dan tidak lagi bersemangat melakukan apapun. Tapi untunglah teman2nya adalah pemimpi yang konsisten, sehingga Ikal pun bisa melambungkan mimpinya kembali. "Kita tak'kan pernah mendahului nasib!"

Pesan moral yang sangat kuat itulah yang aku tangkap dalam buku ini (bukan, ini bukan tentang pesan moral bernomor itu :P). Jangan berhenti bermimpi, dan terus berusahalah menggapainya. Agar hidup tetap terasa berharga untuk diperjuangkan.

Membaca kisah ini, bagaimana Ikal, Arai, dan Jimbron dalam kehidupan yang sebenarnya begitu berat dan menyengsarakan, tapi mereka masih bisa tetap optimis, memperjuangkan hidupnya demi mimpinya, membuat aku merenung... "betapa manjanya diriku..." :(


Ini ngopy dari tulisan org dr qyublogspot, tp aku jg dah baca berkali kali bukunya


Tehnik pencahayaan di Photoshop

Bagi penggemar digital imaging mungkin photoshop adalah software olah gambar yang paling disukai, karna disamping gampang operasionalnya juga banyak tool2 untuk memudahkan para pengolah gambar untuk mengolah gambar jadi sedekian menarik sehingga membuat gambar itu menjadi lebih sempurna dan enak untuk dilihat.
Sudah banyak para photografer yang mengolah hasil photonya dengan photoshop

Ini sedikit tehnik lighting effects

1. buka file yg berbentuk gambar pemandangan atau kota tua

2. Kemudian bikin Duplikat file pertama dengan mengklik kanan mouse pada menu layer dan ganti nama di layer duplikat menjadi night

3. Setelah itu pilih Menu Filter+Render+Lighting Effects

4. Untuk membuat Bulan Purnama Ganti Style menjadi Blue Omni dan Light type menjadi Omni kemudian sesuaikan besar kecilnya bulan purnama sesuai gambar

5. Setelah Bulan purnama jadi pilih lighting effects lagi untuk membuat suasana malam menjadi lebih sempurna, rubah Light Type dari omni menjadi Spotlight kemudian sesuaikan Ambience menjadi 30 atau sesuai kebutuhan.

6. Kemudian buat aksesoris lain seperti shedow atau lighting lainya supaya gambar tampak lebih sempurna


Selamat Mencoba semoga bermanfaat


Memfilter E-mail dari Mailing List pada Yahoo Mail

Mailing List atau lebih dikenal dengan Milis atau Mailist merupakan sarana berdiskusi di internet menggunakan e-mail. Dengan banyaknya kita ikut milis, maka e-mail yang masuk ke inbox juga semakin banyak. Sehingga kita tidak dapat membedakan mana e-mail yang berasal dari pribadi dan yang berasal dari milis. Berikut langkah-langkah memfilter e-mail yang berasal dari milis :

  1. Login ke Yahoo Mail
  2. Klik link Options pada kanan atas pada Yahoo Mail Classic
  3. Klik filters, kemudian klik Add untuk menambahkan filter yang diinginkan
  4. Beri nama filter dan pada rule To/Cc header pilih combo box contains.
  5. Isikan alamat tujuan e-mail milist yang ingin di filter. Misal : alumni_hk@yahoo.com
  6. Pada Combo box Move the message to pilih [New Folder]
  7. Klik tombol Add Filter dan beri nama folder untuk menyimpan e-mail yang difilter.
SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT






Laskar Pelangi

by genx | 20.47 in | komentar (0)


Begitu banyak hal yang menajubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota laskar pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra kecil yang genius dan dengan senang hati mengayuh sepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri diakhir jam pelajaran sekolah. Atau Mahar seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.

Satu hal yang bisa menghancurkan diri kita adalah kesombongan yang kita meliki karna kesombongan itu hanya milik Tuhan semata, dan jangan sekali sekali menyombongkan diri karena hanya akan menghancurkan dirimu sendiri.

Ini adalah sekelumit kisah nyata yang dialamai penulisnya yang ada di Buku ini

Dia adalah Andrea Hirata

Selamat membaca


"Sebuah Novel yang sangat menggugah. Siapa pun yang membacanya akan termotivasi dan merasa berdosa jika tidak mensyukuri hidup"

-Andy F. Noya, host acara kick Andy di Metro TV

"Tidak pernah ada yang bisa mengalahkan kekuatan cinta yang murni dan tulus. Cinta yang mendalam menebarkan energi positif yang tidak hanya mengubah hidup seseorang, tetapi juga menerangi kehidupan orang banyak."

-KOMPAS

"Ditengah berbagai berita dan hiburan televisi tentang sekolah yang tak cukup memberi inspirasi dan spirit, maka buku ini adalah pilihan yang menarik. Buku ini ditulis dalam semangat realis kehidupan sekolah, sebuah dunia tak tersentuh, sebuah semangat bersama untuk survive humanisme yang menyentuh."

-Garin Nugroho, Sinies

Waktu

by genx | 01.46 in | komentar (0)







Hari ini mungkin sama dengan hari hari kemarin
Kita masih menghirup udara yang sama seperti kemarin
Jantung kitapun msh berdetak seperti kemarin
Kita makan juga masih sama, masih makan nasi seperti kemarin
Mataharipun masih terbit dari timur kemudian tenggelam menuju barat

Bahkan jarum jam masih berputar dari kiri kekanan
Dalam prose menuju kehidupan yang sempura
Kita berpijak pada aturan-aturan alam yang kadang kita melupakannya
yang bisa membuat kita terhenyak setelah kita diingatkan oleh alam itu sendiri

Dan hidup ini terus berlalu meninggalkan waktu
Suka atau tidak suka kita harus menerimanya
Meninggalkan jejak jejak langkah kehidupan

Dan dikala senja nanti langkah itu semakin surut
Surut bersama usia yg semakin dekat dengan sang pencipta

Tatkala lidah berputar tak tentu arah
Seperti Tong kosong nyaring bunyinya
dan menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri.


Pelabuhan sunda kelapa
12 Januari 2008


Ibu....

by genx | 20.23 in | komentar (1)

Ibu maafkan aku….
Ku tlah mengecewakanmu
Ku tlah berjanji tuk menikahi putriku
Tapi apa dayaku krn dia tlah menipuku

Ibu maafkan aku...
Putramu tidak bisa membahagianmu
Jika kau mau menghukumku
Hukumlah aku putramu yang tidak tau malu

Ibu maafkan aku...
Putramu tidak pandai merayu
Yang terlalu lugu tapi kadang belagu
Ya inilah putramu Ibu

Ibu maafkan aku...
Engkau terlalu banyak memikirkan aku
Putramu yang selalu tertipu
Oleh indahnya rayu

Ibu maafkan aku…
Anakmu ini laki-laki
Jangan kau paksa aku tuk menangis
Tuk meratapi takdirku


Ibu maafkan aku...

Jika ini memang takdirku
Doakan aku putramu
Biar suatu saat bisa membahagiakanmu

31 Desember Senin pagi aku dah bangun, maklum cucian byk dah gt kan malemnya tahun baru bro’.. jd pagi2 aku dah nyuci nih krn siangnyo mo ke pasar baru cari Film ma Kaset Mini DV buat tahun baruan critanya, kira2 jam 12an nyuci dah kelar trus mandi deh abis itu sholat trus makan,… kira2 jam ½ 2 aku ngluarin motor sambil dilap tuh motor biar kinclong dikit sapa tau ada yg nglirik paling ga nglirik motornyalah kl ga mo nglirik orangnya hehehe…. Jam 2an brangkat kepasar Baru,.. dijalanan byuset sepi banget wah jangan2 tahun baru ga jadi nih pikirku abis sepi bener tuh jalanan,…ga sampe 30 menit aku dah masuk kawasan pasar baru, ya udah aku langsung masuk ketempat parkir motor langsung aja sok akrab ma tukang parkir

“Bos nitip motor” kang parkirnya ngacungin jempol aja tuh sambil mangut2 kaya anggota DPR yg lagi dengerin bosnya pidato,….

Aku langsung aja ke toko Aneka Foto di lantai 2 Metro Atom Plaza,…wah ramai banget tuh tokonya aku clinga clingu nyari selah, wah kulihat diujung ada selah tuh aku tanya aja langsung ke mbaknya

“mbak kaset Mini DV 1 ma fuji asa 200 36 1”

“apalagi” kata mbaknya sambil tutup hidung bau pete kali ya, oh iya aku paginya sarapan lalap pete hehehe…..

“itu aja dulu mbak” kataku kesanya mo beli yg lain pdhl mang Cuma itu aja,…

setelah tunggu sebentar tuh mbak dah balik lagi bawain kaset ma filmnya

“29 ribu limaratus mas” kata mbaknya, tak bayar langsung ga pk ngutang deh hehehe mang warteg boleh ngutang,… dah bayar, kembalian jg dah dpt langsung balik kemotor, sampe diparkiran motor tukang parkir langsung tanya

“kok sebentar BOS”

“iya cm ambil barang aja”

“oooo” kata tukang parkir sambil manyun ngelus dagu pdhl tuh ga ada bulunya. Trus aku pulang lewat Monas sambil liat2 kira2 tar malem ngetemnya disebelah mana biar enakan ngeshoot kembang api biar dpt posisi bagus, tp msh sepi tuh tp udah ada jg yg dah mo cari tempat tuh kayanya mo tahun baruan ma pacar kali tuh biar terasa tahun barunya hehehe abis gini hari dah gandengan aja di monas,…… sampe mistik aku mampir ke Optik Adi Warna tempat temen cari duit, mo makan sekalian nitip motor biar aman, abis itu langsung pulang sampe rumah langsung tidur biar malemnya bisa begadang, bangun jam ½ 5 trus sholat ashar, wah dah mulai ujan nih mudah2an ga sampe malem nih ujanya,…trus magrib eh msh ujan jg gmn nih mo thn baruan bs2 gagal nih, abis magrib sambil nungguin ujan reda nyiapin peralatan Kamera plus tripod ma Handycam tak masukin tas semua supaya nanti tinggal berangkat,…sampai isa’ msh aja tuh ujan ga reda2 mlh kadang deres,…wah gagal bener nih kayaknya, aku nungguin dr jam 8 msh ujan, jam 9 msh ujan jg, jam 10 akhirnya ujan reda aku ambil tas ma jaket trus ajak adik ma tmn, aku starter Motor baru jalan kira2 10 meter eh ujan lagi, akhirnya pd turun lg dr motor pdhl dah boncengan bertiga, motor tak masukin ke rumah pak RT tp krn buru2 malah mundurin motor orang deh sampe ambruk tuh motor orang, eh yg punya marah2

“Sorry mas ga liat buru2” kataku.

eh tuh orang nyrocos aja

“masa motor segede itu ga kelihatan” katanya

“Mas bukan ga kelihatan tp ga liat krn buru2 yg saya liat depan bukan belakang, kalo ada yg rusak saya ganti mas ga usah marah2” tuh orang diem aja, aku jg cuek aja tp sambil ngedumel jg aku, sialan tuh org br begitu aja udah ngomel2 gmn kl punya Jaguar tuh. Ya udah aku ke teras pak rt sambil nungguin ujan reda tp malah tambah deres tuh ujanya. Kira2 jam 11ujan dah mulai reda akhir beragkat boncengan bertiga tp baru sampe depan ITC Cipulir mulai ujan lg akhirnya berhenti aku pk Jas ujan masalahnya Kameraku kl keujanan sayang, trus berangkat lg tp ujanya malah tambah deres, sampai Majestik msh ujan mampir aja di Optik lagi ujan ga reda2 jg tuh sampai jam 00:00 msh aja ujan yo wis mlm tahun baruku cm di Optik Sambil dengerin suara petasan ma liatin ujan sambil sekali-2 liat keluar kalo2 ada kembang api nyasar, akhirnya Handycam buat ngrekam sendiri sambil liatin kembang api yg di TV sampai mata dah ga kuat lagi dan akhirnya ketiduran di Optik sampai pagi,……SELAMAT TINGGAL 2007 DAN SELAMAT DATANG 2008 SMOGA KEBURUKAN YG TERJADI DI TAHUN 2007 TIDAK TERULANG DI TAHUN 2008 DAN SEMOGA KEINGINAN YANG BELUM TERCAPAI DI TAHUN 2007 DAPAT DIRAIH DI TAHUN 2008 INI Amiiiin.............

Mengenai Saya

Foto saya
Di antara tanda matinya hati adalah tidak adanya perasaan sedih atas kesempatan beramal yang engkau lewatkan dan tidak adanya rasa penyesalan atas kesalahan yang engkau lakukan

CHAT BOX

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut